Jarak
antara Adzan dan Iqamah.
عَنْ
عَبْدِ اللهِ
بْنِ
مُغَفَّلٍ
قَالَ: قَالَ
النَّبِيُّ ص:
بَيْنَ كُلّ
اَذَانَيْنِ صَلاَةٌ
بَيْنَ كُلّ
اَذَانَيْنِ
صَلاَةٌ. ثُمَّ
قَالَ فِى
الثَّالِثَةِ:
لِمَنْ شَاءَ.
البخارى1: 154
Dari
'Abdullah bin Mughaffal, ia berkata : Nabi SAW bersabda, "Diantara setiap
dua adzan (adzan dan iqamah) ada shalat, diantara dua adzan ada shalat".
Kemudian beliau bersabda pada yang ketiganya, "Bagi siapa yang mau". [HR. Bukhari, juz 1, hal. 154]
عَنْ
اَنَسِ بْنِ
مَالِكٍ
قَالَ: كَانَ
اْلمُؤَذّنُ
اِذَا
اَذَّنَ
قَامَ نَاسٌ
مِنْ اَصْحَابِ
النَّبِيّ ص
يَبْتَدِرُوْنَ
السَّوَارِيَ
حَتَّى
يَخْرُجَ
النَّبِيُّ ص
وَ هُمْ كَذٰلِكَ
يُصَلُّوْنَ
الرَّكْعَتَيْنِ
قَبْلَ
اْلمَغْرِبِ
وَ لَمْ
يَكُنْ
بَيْنَ اْلاَذَانِ
وَ
اْلإِقَامَةِ
شَيْءٌ. قَالَ
شُعْبَةُ:
لَمْ يَكُنْ
بَيْنَهُمَا
اِلاَّ قَلِيْلٌ.
البخارى1: 154
Dari
Anas bin Malik, ia berkata, "Apabila muadzdzin telah selesai adzan, maka
para shahabat Nabi SAW menuju ke pilar-pilar masjid (untuk shalat sunnah)
sampai Nabi SAW keluar (ke masjid), dan dengan cara begitu mereka shalat dua
rekaat sebelum shalat Maghrib. Dan tidak ada diantara adzan dan iqamah itu
sesuatu (waktu yang lama)". Syu'bah berkata, "Tidak ada antara
keduanya kecuali waktu yang sebentar". [HR. Bukhari, juz 1, hal. 154]
عَنْ
عَائِشَةَ
قَالَتْ:
كَانَ
رَسُوْلُ اللهِ
ص اِذَا
سَكَتَ
اْلمُؤَذّنُ
بِاْلأُوْلَى
مِنْ صَلاَةِ
اْلفَجْرِ
قَامَ
فَرَكَعَ
رَكْعَتَيْنِ
خَفِيْفَتَيْنِ
قَبْلَ صَلاَةِ
اْلفَجْرِ
بَعْدَ اَنْ
يَسْتَبِيْنَ
اْلفَجْرُ
ثُمَّ اضْطَجَعَ
عَلَى شِقّهِ
اْلاَيْمَنِ
حَتَّى يَأْتِيَهُ
اْلمُؤَذّنُ
لِلإِقَامَةِ.
البخارى1: 154
Dari
'Aisyah RA, ia berkata, "Apabila muadzdzin telah selesai adzan Shubuh maka
Rasulullah SAW sebelum shalat Shubuh, beliau shalat ringan lebih dahulu dua
rekaat sesudah terbit fajar. Setelah itu beliau berbaring pada lambung kanan
beliau sampai datang muadzdzin kepada beliau memberitahukan hendak iqamah untuk
shalat (Shubuh).
[HR. Bukhari, juz 1, hal. 154]
Adzan sebelum dan setelah waktu
Shubuh.
عَنْ
عَبْدِ اللهِ
بْنِ
مَسْعُوْدٍ
عَنِ النَّبِيّ
ص قَالَ: لاَ
يَمْنَعَنَّ
اَحَدَكُمْ
اَوْ اَحَدًا
مِنْكُمْ
اَذَانُ
بِلاَلٍ مِنْ
سَحُوْرِهَ
فَاِنَّهُ
يُؤَذّنُ
اَوْ يُنَادِى
بِلَيْلٍ
لِيَرْجِعَ
قَائِمَكُمْ
وَ
لِيُنَبّهَ
نَائِمَكُمْ
وَ لَيْسَ اَنْ
يَقُوْلَ
اْلفَجْرُ
اَوِ
الصُّبْحُ وَ
قَالَ
بِاَصَابِعِهِ
وَ رَفَعَهَا
اِلَى فَوْقُ
وَ طَأْطَأَ
اِلَى
اَسْفَلُ
حَتَّى يَقُوْلَ
هٰكَذَا. وَ
قَالَ
زُهَيْرٌ
بِسَبَّابَتَيْهِ
اِحْدَاهُمَا
فَوْقَ
اْلاُخْرَى
ثُمَّ مَدَّهُمَا
عَنْ
يَمِيْنِهِ
وَ شِمَالِهِ. البخارى1:
153
Dari
'Abdullah bin Mas'ud, dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Adzannya Bilal
janganlah menghalangi seseorang kalian atau seseorang diantara kalian dari
makan sahurnya, karena ia adzan atau memanggil di malam hari, agar orang yang
mendirikan (shalat malam) kembali, dan untuk membangunkan orang yang masih
tidur diantara kalian, bukan menunjukkan sudah Fajar atau Shubuh". Beliau
berisyarat dengan jari-jari diangkat ke atas dan menurunkannya ke bawah
(mengisyaratkan fajar kadzib), sehingga beliau berisyarat demikian. Zuhair
(perawi) menjelaskan dengan mengisyaratkan kedua jari telunjuknya, salah
satunya diangkat atas yang lainnya (menunjukkan fajar kadzib), kemudian
membentangkan kedua jarinya itu ke kanan dan ke kiri (menunjukkan fajar shadiq). [HR. Bukhari, juz 1, hal. 153]
عَنْ
سَمُرَةَ
بْنِ
جُنْدَبٍ رض
قَالَ: قَالَ
رَسُوْلُ
اللهِ ص: لاَ
يَغُرَّنَّكُمْ
مِنْ
سَحُوْرِكُمْ
اَذَانُ
بِلاَلٍ، وَ
لاَ بَيَاضُ
اْلاُفُقِ
اْلمُسْتَطِيْلُ
هٰكَذَا
حَتَّى
يَسْتَطِيْرَ
هٰكَذَا. مسلم2: 770
Dari
Samurah bin Jundab RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Jangan
sekali-kali adzannya Bilal itu mengecoh kalian dari sahur kalian, dan jangan
pula putihnya ufuq yang tegak seperti ini mengecoh kalian, sehingga ufuq itu
melintang begini".
[HR. Muslim juz 2, hal. 770]
عَنْ
عَائِشَةَ وَ
ابْنِ عُمَرَ
رض اَنَّ
النَّبِيَّ ص
قَالَ: اِنَّ
بِلاَلاً
يُؤَذّنُ
بِلَيْلٍ
فَكُلُوْا وَ
اشْرَبُوْا
حَتَّى
يُؤَذّنُ
ابْنُ اُمّ
مَكْتُوْمٍ. احمد و
البخارى و
مسلم، فى نيل
الاوطار 2: 56
Dari
'Aisyah dan Ibnu 'Umar RA, bahwa Nabi SAW bersabda, "Sesungguhnya Bilal
adzan diwaktu malam, karena itu makanlah dan minumlah sehingga Ibnu Ummi Maktum
adzan".
[HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 56]
و لاحمد
و البخارى: فَاِنَّهُ
لاَ يُؤَذّنُ
حَتَّى
يَطْلُعَ اْلفَجْرُ. فى نيل
الاوطار2: 56
Dan
bagi Ahmad dan Bukhari disebutkan, "Karena sesungguhnya Ibnu Ummi Maktum
tidak adzan sehingga fajar (Shubuh) telah terbit". [Dalam Nailul Authar juz 2, hal.
56]
Keterangan
:
Waktu
Shubuh ialah apabila sudah terbit ufuq yang melintang, bukan ufuq yang tegak
berdiri. Dan ufuq yang melintang itulah yang disebut "fajar shadiq"
dan disebut juga "fajar kedua" atau "mustathir". Adapun
"mustathil" (yang tegak) adalah fajar kadzib, yang bentuknya seperti
ekor serigala.
Menjawab
(menirukan) Adzan ketika mendengarnya.
عَنْ
اَبِى
سَعِيْدٍ
اَنَّ
النَّبِيَّ ص
قَالَ: اِذَا
سَمِعْتُمُ
النّدَاءَ
فَقُوْلُوْا
مِثْلَ مَا
يَقُوْلُ
اْلمُؤَذّنُ.
الجماعة، فى
نيل الاوطار 2: 58
Dari
Abu Sa'id, sesungguhnya Nabi SAW bersabda, "Apabila kamu mendengar adzan,
maka ucapkanlah seperti yang diucapkan oleh muadzdzin itu". [HR. Jama'ah, dalam Nailul Authar
juz 2, hal. 58]
قَالَ
يَحْيَى وَ
حَدَّثَنِى
بَعْضُ اِخْوَانِنَا
اَنَّهُ
قَالَ لَمَّا
قَالَ حَيَّ عَلَى
الصَّلاَةِ،
قَالَ: لاَ
حَوْلَ وَ لاَ
قُوَّةَ
اِلاَّ
بِاللهِ. وَ
قَالَ هٰكَذَا
سَمِعْنَا
نَبِيَّكُمْ
ص يَقُوْلُ.
البخارى 1: 152
Yahya berkata : Dan menceritakan
kepadaku sebagian dari saudara-saudara kami, bahwasanya ia berkata,
"Setelah muadzdzin berseru hayya 'alash sholaah, maka orang yang
mendengar mengucapkan Laa haula wa laa quwwata illaa billaah". Dan
ia mengatakan, "Demikianlah kami mendengar Nabi kalian SAW bersabda". [HR. Bukhari juz 1, hal. 152]
عَنْ
عُمَرَ بْنِ
اْلخَطَّابِ
قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ
اللهِ ص:
اِذَا قَالَ
اْلمُؤَذّنُ: اَللهُ
اَكْبَرُ
اَللهُ
اَكْبَرُ،
فَقَالَ
اَحَدُكُمْ:
اَللهُ
اَكْبَرُ
اَللهُ
اَكْبَرُ. ثُمَّ
قَالَ:
اَشْهَدُ
اَنْ لاَ اِلٰهَ
اِلاَّ اللهُ.
قَالَ:
اَشْهَدُ
اَنْ لاَ اِلٰهَ
اِلاَّ اللهُ.
ثُمَّ قَالَ:
اَشْهَدُ
اَنَّ
مُحَمَّدًا
رَسُوْلُ
اللهِ. قَالَ:
اَشْهَدُ
اَنَّ
مُحَمَّدًا
رَسُوْلُ
اللهِ. ثُمَّ قَالَ:
حَيَّ عَلَى
الصَّلاَةِ.
قَالَ: لاَ
حَوْلَ وَ لاَ
قُوَّةَ
اِلاَّ
بِاللهِ.
ثُمَّ قَالَ:
حَيَّ عَلَى
اْلفَلاَحِ.
قَالَ: لاَ
حَوْلَ وَ لاَ
قُوَّةَ
اِلاَّ
بِاللهِ.
ثُمَّ قَالَ:
اَللهُ
اَكْبَرُ
اَللهُ
اَكْبَرُ.
قَالَ: اَللهُ
اَكْبَرُ
اَللهُ
اَكْبَرُ.
ثُمَّ قَالَ: لاَ
اِلٰهَ
اِلاَّ اللهُ.
قَالَ: لاَ
اِلٰهَ
اِلاَّ اللهُ
مِنْ
قَلْبِهِ
دَخَلَ اْلجَنَّةَ. مسلم1: 289
Dari
'Umar bin Khaththab, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Apabila
muadzdzin berseru Alloohu Akbar Alloohu Akbar lalu salah seorang
diantara kalian juga mengucapkan Alloohu Akbar Alloohu Akbar. Kemudian
apabila muadzdzin berseru Asyhadu allaa ilaaha illallooh, ia mengucapkan
Asyhadu allaa ilaaha illallooh. Kemudian apabila muadzdzin berseru Asyhadu
anna Muhammadar rasuulullooh, ia mengucapkan Asyhadu anna Muhammadar
Rasuulullooh. Kemudian apabila muadzdzin berseru Hayya 'alash sholaah,
ia mengucapkan Laa haula wa laa quwwata illaa billaah (Tidak ada daya
dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah). Kemudian apabila muadzdzin
berseru Hayya 'alal falaah, ia mengucapkan Laa haula wa laa quwwata
illaa billaah. Kemudian apabila muadzdzin berseru Alloohu Akbar Alloohu
Akbar, ia mengucapkan Alloohu Akbar Alloohu Akbar. Kemudian apabila
muadzdzin berseru Laa ilaaha illallooh, ia mengucapkan Laa ilaaha
illallooh, yang keluar dari hatinya (ikhlash), niscaya ia masuk surga". [HR. Muslim, juz 1, hal. 289]
Bacaan
sesudah Adzan
عَنْ
جَابِرٍ
اَنَّ
رَسُوْلَ
اللهِ ص
قَالَ: مَنْ
قَالَ حِيْنَ
يَسْمَعُ
النّدَاءَ:
اَللّهُمَّ
رَبَّ هٰذِهِ
الدَّعْوَةِ
التَّامَّةِ
وَ
الصَّلاَةِ
اْلقَائِمَةِ
آتِ
مُحَمَّدًا اْلوَسِيْلَةَ
وَ
اْلفَضِيْلَةَ
وَ ابْعَثْهُ
مَقَامًا
مَحْمُوْدًا
الَّذِيْ
وَعَدْتَهُ.
حَلَّتْ لَهُ
شَفَاعَتِى
يَوْمَ اْلقِيَامَةِ.
الجماعة الا
مسلما، فى نيل
الاوطار2: 60
Dari
Jabir bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa setelah mendengar adzan
lalu membaca Alloohumma robba haadzihid da'watit taammah, washsholaatil
qooimah, aati Muhammadanil wasiilata wal fadliilah, wab'atshu maqoomam
mahmuudanilladzii wa'adtah. (Ya Allah, Tuhan yang mempunyai seruan yang
sempurna dan shalat yang berdiri, berikanlah kepada Nabi Muhammad SAW derajat
yang tinggi dan pangkat yang mulia, dan tempatkanlah dia di tempat yang terpuji
yang telah Engkau janjikan kepadanya), niscaya dia akan mendapat syafa'atku
nanti di hari qiyamat".
[HR. Jama'ah, kecuali Muslim, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 60]
عَنْ
اَنَسِ بْنِ
مَالِكٍ
قَالَ: قَالَ
رَسُوْلُ
اللهِ ص:
اَلدُّعَاءُ
لاَ يُرَدُّ
بَيْنَ
اْلاَذَانِ
وَ
اْلاِقَامَةِ. احمد و
ابو داود و
الترمذى،
فىنيل
الاوطار 2: 62
Dari
Anas bin Malik, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Doa antara adzan
dan iqamah itu tidak akan ditolak". [HR. Ahmad, Abu Dawud dan Tirmidzi, dalam Nailul Authar
juz 2, hal. 62]
Menunggu
imam walaupun sudah iqamat.
عَنْ
اَبِى
هُرَيْرَةَ
اَنَّ
رَسُوْلَ اللهِ
ص خَرَجَ وَ
قَدْ
اُقِيْمَتِ
الصَّلاَةُ
وَ عُدّلَتِ
الصُّفُوْفُ
حَتَّى اِذَا
قَامَ فِى
مُصَلاَّهُ
انْتَظَرْنَا
اَنْ
يُكَبّرَ،
انْصَرَفَ
قَالَ: عَلَى
مَكَانِكُمْ.
فَمَكَثْنَا
عَلَى
هَيْئَتِنَا
حَتَّى
خَرَجَ
اِلَيْنَا
يَنْطُفُ رَأْسُهُ
مَاءً وَ قَدِ
اغْتَسَلَ.
البخارى1: 157
Dari
Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah SAW telah keluar (ke masjid), sedangkan
shalat telah diiqamati, dan shaff telah diluruskan, hingga Nabi SAW telah
berdiri di tempat beliau shalat dan kami menanti beliau takbir. Tiba-tiba
beliau pergi sambil bersabda, "Tetaplah di tempatmu masing-masing".
Maka kami tetap berdiri di tempat kami seperti semula, sehingga beliau datang
kembali. Dan ketika beliau datang, air di kepala beliau masih menetes, karena
beliau baru saja selesai mandi". [HR. Bukhari, juz 1, hal. 157]
عَنْ
اَبِى
هُرَيْرَةَ
قَالَ:
اُقِيْمَتِ
الصَّلاَةُ
فَسَوَّى
النَّاسُ
صُفُوْفَهُمْ
فَخَرَجَ
رَسُوْلُ
اللهِ ص
فَتَقَدَّمَ
وَ هُوَ
جُنُبٌ
فَقَالَ:
عَلَى
مَكَانِكُمْ.
فَرَجَعَ
فَاغْتَسَلَ
ثُمَّ خَرَجَ
وَ رَأْسُهُ
يَقْطُرُ
مَاءً
فَصَلَّى
بِهِمْ.
البخارى1: 157
Dari
Abu Hurairah, ia berkata : Shalat telah diiqamati dan jama'ah telah meluruskan
shaff mereka. Maka datanglah Rasulullah SAW dan beliau langsung maju ke depan,
padahal beliau junub. Kemudian beliau bersabda, "Tetaplah di tempat kalian
masing-masing". Lalu Rasulullah SAW pulang untuk mandi. Setelah beliau
datang kembali, air masih menetes dari kepala beliau. Kemudian Nabi SAW shalat
mengimami mereka.
[HR. Bukhari, juz 1, hal. 157]
Mendatangi
shalat hendaklah dengan tenang.
عَنْ
اَبِى
هُرَيْرَةَ
عَنِ
النَّبِيّ ص
قَالَ: اِذَا
سَمِعْتُمُ
اْلاِقَامَةَ
فَامْشُوْا
اِلَى
الصَّلاَةِ
وَ
عَلَيْكُمْ بِالسَّكِيْنَةِ
وَ
اْلوَقَارِ
وَ لاَ تُسَارِعُوْا،
فَمَا
اَدْرَكْتُمْ
فَصَلُّوْا
وَ مَا
فَاتَكُمْ
فَاَتِمُّوْا.
البخارى1: 156
Dari
Abu Hurairah, dari Nabi SAW beliau bersabda, "Apabila kalian telah
mendengar iqamah, maka berjalanlah untuk shalat (berjama'ah), dengan tenang dan
tenteram, jangan tergesa-gesa. Apa yang kalian dapati, maka shalatlah kalian
(bersama mereka), dan apa yang terlewatkan (ketinggalan) maka sempurnakanlah". [HR. Bukhari, juz 1, hal. 156]
عَنْ
عَبْدِ اللهِ
بْنِ اَبِى
قَتَادَةَ عَنْ
اَبِيْهِ
قَالَ:
بَيْنَمَا
نَحْنُ نُصَلّى
مَعَ
النَّبِيّ ص
اِذْ سَمِعَ
جَلَبَةَ الرّجَالِ.
فَلَمَّا
صَلَّى قَالَ:
مَا شَأْنُكُمْ؟
قَالُوْا:
اِسْتَعْجَلْنَا
اِلَى الصَّلاَةِ.
قَالَ: فَلاَ
تَفْعَلُوْا،
اِذَا
اَتَيْتُمُ
الصَّلاَةَ
فَعَلَيْكُمْ
بِالسَّكِيْنَةِ،
فَمَا
اَدْرَكْتُمْ
فَصَلُّوْا
وَ مَا فَاتَكُمْ
فَاَتِمُّوْا.
البخارى1: 156
Dari
'Abdullah bin Abu Qatadah dari bapaknya, ia berkata : Ketika kami shalat
bersama Nabi SAW, tiba-tiba beliau mendengar keributan orang laki-laki. Maka
setelah selesai shalat beliau bersabda, "
Ada
apa kalian tadi ?". Mereka menjawab,
"Kami tergesa-gesa untuk shalat". Beliau bersabda, "Janganlah
kalian berbuat demikian. Apabila kalian datang untuk shalat, maka hendaklah
kalian tenang. Apa yang kalian dapati maka shalatlah (bersama mereka), dan apa
yang terlewatkan (ketinggalan) maka sempurnakanlah". [HR. Bukhari, juz 1, hal. 156]

Social Plugin